Silabi Matakuliah


Ilmu Sosial Budaya Dasar

Mengkaji berbagai ungkapan pemikiran dan perasaan budaya berkenaan dengan masalah-masalah dasar yang dihadapi manusia, penduduk, masyarakat dan kebudayaan individu, keluarga dan masyarakat.

Bahasa Inggris

Istilah dalam bahasa Inggris terkait dengan teknik sipil, perbendaharaan kata yang terkait dengan teknik sipil. Metode membaca text book atau referensi. Cara-cara scanning dan skimming. Metode penulisan dan kaidah-kaidah ilmiahnya, dasar penulisan: main idea, body, conclusion, punctuation. Cara penulisan daftar pustaka. Pengenalan tulisan-tulisan untuk paper, jurnal, text book.

Olah Raga

Dasar-dasar kegiatan sebelum melakukan olah raga, cara-cara berolah raga yang baik bagi kesehatan jasmani, pola permainan dalam melakukan olah raga seperti : bola basket, sepak bola, senam, atletik, tenis dan lain sebagainya.

Matematika I

Teori himpunan, sistem bilangan, koordinat orthogonal dan kutub, analit bidang dan ruang, bilangan kompleks, binomium Newton, barisan bilangan, fungsi aljabar dan transenden, limit, kontinuitas, turunan fungsi, terapan turunan, dalil harga menengah, teorema Rolle, aturan de l’ Hospital, naik-turunnya fungsi, melukis grafik, kelengkungan dan jari-jari kelengkungan, integral tidak tertentu.

Statika

Pengertian dan prinsip-prinsip mekanika. Peranan analisis struktur dalam perencanaan struktur bangunan sipil. Sistem gaya dan keseimbangan struktur, penguraian dan penyusunan gaya secara analitis dan grafis. Macam-macam beban seperti beban mati, beban hidup, beban angin, beban gempa, beban khusus (disesuaikan dengan peraturan yang berlaku), beban terbagi rata, beban titik, beban segitiga dan trapesium serta kombinasi pembebanan tetap dan sementara. Macam-macam tumpuan dan sifat tumpuan, rol dan jepit. Pengertian struktur statis tertentu, statis tak tentu, struktur stabil dan labil. Pengertian gaya internal: momen lentur, gaya geser/lintang, gaya normal dan momen torsi. Struktur statis tertentu, meliputi: balok di atas dua tumpuan, balok kantilever, balok gerber, struktur portal dan pelengkung tiga sendi. Persamaan keseimbangan, hitungan reaksi tumpuan, bidang gaya dalam meliputi momen, gaya lintang dan gaya normal struktur statis tertentu.

Kimia Dasar

Stokhiometri, Hukum Termodinamika I dan II, spektrum dan struktur atom, potensial ionisasi, afinitas elektron, jari-jari atom struktur molekul, keelektronegatifan teori ikatan kimia, asam basa, konfigurasi elektron dan susunan berkala sifat periodik, sifat gas, zat padat dan kisi kristal.

Fisika Dasar I

Sistim satuan internasional (SI), Kinematika, Dinamika,  Mek. Benda Tegar, Hk. Gravitasi Newton, Teori Elastisitas, Hidrostatika, Hidrodinamika, Asas Archimedes, Hk. Kontinuitas, Hk. Bernouli, Getaran dan Gelombang.

Statistika dan Probabilitas

Pengertian dan peranan statistika, populasi dan sampling, teori dasar probabilitas, distribusi frekuensi dan probabilitas, menganalisis probabilitas dengan pendekatan distribusi (menghitung luasan di bawah kurva distribusi menguji dengan uji T, uji F, uji chi square, melakukan prediksi dengan pendekatan regresi, pengujian dan hipotesa, analisis regresi dan korelasi.

Teknologi Bahan Konstruksi

Sifat-sifat fisik dan kimia berbagai bahan bangunan, teknologi kayu, teknologi baja dan logam lainnya, teknologi beton dan bahan bangunan lainnya seperti; batuan, tanah liat, kapur, aspal, cat, kaca, dan bambu. Bahan-bahan dinding dan lantai, bahan penutup dan bahan pelindung. Mix Design cara ACI dan DOE, campuran agregat dengan cara analitis dan grafis.

Menggambar Struktur Bangunan

Arti gambar struktur bangunan, bahan dan peralatan gambar, standar gambar sesuai format kertas, tulisan, skala, bentuk-bentuk geometri yang sering dipakai. Proyeksi dan aksonometri. Potongan dengan pemberian ukuran dan simbol bahan. Gambar struktur dasar beton, baja, dan kayu. Mengenal berbagai gambar struktur Bangunan Sipil.

Pendidikan Agama

Dasar landasan beragama, sumber hukum, keimanan dan ketaqwaan. Hakekat keberadaan manusia, etika, moral dan akhlaq. IPTEKS dalam konsep agama, kerukunan antar umat beragama.

Kewarganegaraan

Pengembangan kesadaran Pertahanan Keamanan Nasional atau Hamkamnas, Pengertian tentang  Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, Politik Pertahanan Keamanan Nasional dan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat. Memberikan pemahaman dan landasan serta tinjauannya, memberikan pemahaman dan penghayatan tentang nilai-nilai nasionalisme, heroisme dan patriotisme. Pemahaman tentang pemikiran dasr, filosofis dan proses perumusan nilai Pancasila dan UUD ‘45.

Mekanika Bahan

Karakteristik penampang : pusat berat, momen inersia, statis momen, luas geser, inti penampang dan jari-jari inersia. Sumbu-sumbu utama penampang. Pengertian tegangan dan regangan pada elemen struktur akibat gaya-gaya internal. Lingkaran Mohr. Modulus elastisitas dan modulus geser bahan. Analisis tegangan lentur, tegangan geser, tegangan normal dan pendimensian balok. Profil tersusun, komposit dan pusat geser.

Pengetahuan Geologi Rekayasa

Pengertian geologi rekayasa, ilmu yang berhubungan, lingkup dan aplikasi dibidang Teknik Sipil. Proses-proses geomorfologi dan penggolongannnya, material tanah dan batuan, sifat fisik, sifat teknik, penggolongan dan identifikasinya. Struktur geologi, penggolongan dan gaya pembentukannya. Metode penyelidikan dan laporan Geologi rekayasa, material konstruksi alam dan bencana geologi.

Mekanika Fluida

Sifat-sifat zat cair. Sistem satuan dan dimensi dalam mekanika fluida. Statika fluida: tekanan hidrostatis, pengukur tekanan, gaya hidrostatis, titik tangkap gaya. Keseimbangan benda dalam zat cair diam, kesembangan relatif. Kinematika fluida; garis arus, klasifikasi aliran, percepatan, debit, persamaan kontinuitas. Persamaan energi dan momentum dan penerapannya. Pengukur aliran melalui lobang dan ambang.

Ilmu Ukur Tanah

Pengenalan alat-alat ukur tanah antara lain : kompas ,klinometer, waterpass, theodolit, alat ukur jarak elektronis, (Elektronik Distance Meter = EDM) dan Total Station. Selain mengenal alat-alat ukur  tersebut mahasiswa diberikan materi tentang metode pengukuran kerangka vertikal, kerangka horisontal, pengukuran situasi,dan pengukuran luas dan volume. Cara pengukuran kerangka vertikal antara lain : cara Trigonometris, cara Barometris, dan sipat datar (Waterpass). Cara pengukuran kerangka horisontal  : Triangulasi, cara kemuka , cara kebelakang dan poligon. Cara pengukuran situasi antara lain  : cara segitiga, dengan cara prisma siku-siku dan metode Tachimetri. Pengukuran penampang melintang antara lain dengan mengunakan alat waterpass dan theodolit. Sedangkan penentuan luas dapat dilakukan dengan cara numeris,grafis, mekanis, dan penggunaan planimeter. Pemetaan dengan metode Fotogrametris antara lain meliputi : macam – macam foto udara, pengukuran titik kontrol tanah, perencanan pemotretan udara, proses pembuatan peta garis, peta foto dan peta digital serta penggunaan peta digital untuk Sistem Informasi Geografis (GIS). Prinsip-prinsip route survey, pemasangan patok dilapangan, pembuatan busur lingkaran, macam-macam lengkungan, aplikasi lengkungan untuk keperluan perencanan jalan raya, jalan rel  dan saluran serta aplikasi Ilmu Ukur Tanah untuk perencanaan dan pelaksanaan pekerjaan konstruksi teknik sipil.

Matematika II

Pembahasan integral tertentu dan aplikasinya. Pemakaian integrasi tak tentu, deret Taylor dan Mac-Laurien untuk fungsi dua variabel, multiplikator Lagrange, pembahasan tentang usaha, tekanan zat cair, massa, titik berat dan momen inertia. Pembahasan integral lipat dua, integral lipat tiga, luas bidang, panjang busur dengan koordinat silinder dan koordinat bola, vektor diferensiasi dan integrasi. Integrasi numeris : Trapezoidal, Simpson Rule, Gauss.

Fisika Dasar II

Medan gaya listrik, potensial listrik, arus listrik, medan magnet, gerak listrik imbas, arus bolak-balik, teori kinetic gas dan termodinamika.

Bahasa Indonesia

Perumusan kaidah bahasa Indonesia baku. Penggunaan/penerapan definisi bahasa Indonesia baku dan kesalahan penggunaannya. Membedakan kosa kata umum dan istilah dalam disiplin ilmu Teknik Sipil, serta mengembangkan kosakata bahasa Indonesia, dengan membaca karangan ilmiah. Mengembangkan pikiran untuk diwujudkan menjadi suatu paragraph berdasarkan metoda dedukatif dan induktif dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar. Membuat laporan hasil bacaan serta penelitian karya ilmiah. Metodogi penelitian : prinsip penelitian, urutan logika penelitian, pelaksanaan penelitian, pengambilan dan pengolahan data, pembahasan dan pengambilan kesimpulan. Teknik penulisan : cara membuat laporan penelitian dan penulisan tugas akhir/skripsi, penulisan makalah ilmiah, jurnal, makalah seminar. Teknik presentasi : pendahuluan, non verbal komunikasi, persiapan presentasi, pengenalan dan analisis audiens, penguasaan gerakan badan, bahan-bahan pendukung, menjawab pertanyaan, tujuan komunikasi, cara/media penyampaian materi.

Analisis Struktur I

Perhitungan gaya-gaya batang pada struktur rangka batang dengan cara grafis (Cremona, Cullman) dan analitis (titik buhul, Ritter). Pengertian beban bergerak dan kegunaan garis pengaruh di dalam analisis struktur. Garis pengaruh reaksi tumpuan dan gaya-gaya internal pada struktur statis tertentu (Balok Sederhana). Perhitungan lendutan pada balok sederhana dengan metode Moment Area dan rangka batang dengan metode usaha virtuil.

Mekanika Tanah I

Komposisi dan sifat umum tanah, granulometri dan sifat fisik, penyelidikan tanah lapangan & laboratorium. Analisa gradasi, batas-batas konsistensi klasifikasi tanah. Permeabilitas, jaring-jaring aliran, tegangan tanah,  pemadatan tanah dan CBR lapangan dan laboratorium.

Rekayasa Hidrologi

Siklus hidrologi, peranan hidrologi dalam rekayasa, jenis-jenis hujan, pengukuran hujan, hujan DAS, perencanaan jaringan stasiun hujan, missing data, double mass curve, persiapan data curah hujan. Pengertian evapotranspirasi dan infiltrasi, faktor-faktor yang berpengaruh, peralatan dan cara pengukuran evapotranspirasi dan infiltrasi. Statistika hidrologi yang meliputi kegunaan, parameter-parameter, analisis frekuensi & distribusi serta posisi plotting. Hidrometri yang meliputi peralatan, metode dan pengolahan data.

Rekayasa Lalu Lintas

Karakteristik komponen sistem lalu lintas, elemen arus lalu lintas dan hubungan antara masing-masing elemen, arus terganggu di ruas jalan jalan, pengumpulan data dan kajian lalu lintas, analisis kapasitas dan kinerja lalu lintas, prasarana lalu lintas, manajemen sistem lalu lintas.

Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi

Pengertian, ruang lingkup, peran dan manfaat, intervensi manusia  terhadap  persoalan  dan  perkembangan  teknologi  transportasi.  Transportasi sebagai sistem, komponen sistem dan karateristiknya.  Kinerja dan analisis komponen sistem transportasi, biaya transportasi, perminitaan dan penawaran jasa transportasi, karakteristik  pergerakan, transportasi perkotaan serta  dasar-dasar  rekayasa transportasi (darat, laut,udara dan perpipaan). Dasar-dasar metoda evaluasi kelayakan transportasi dan dampak transportasi

Struktur Kayu

Karakteristik mekanis dari kayu, tingkat tegangan dan regangan kerja, pengaruh yang dapat mereduksi kekuatan, kandungan air, durasi pembebanan; proteksi kayu terhadap kebakaran dan hama; teknologi kayu; perilaku dan disain komponen struktur tarik, tekan, lentur dan kombinasi lentur dengan tekan dan tarik, struktur rangka atap dan jambatan, struktur portal struktur balok dengan penampang tersusun; sambungan dan alat sambung (baut, paku, pasak, gigi tunggal dan ganda, lem/perekat dan alat sambung modern).

Hidrolika

Aliran zat cair riil, kehilangan enersi aliran melalui pipa, distribusi kecepatan dalam pipa, energi grade line, hydraulic grade line, aliran stedi melalui sistem pipa seri, paralel, jaring-jaring pipa, sistem pipa dan pompa.  Saluran terbuka dan sifat-sifatnya, rumus-rumus empiris aliran stedi dan seragam, penampang ekonomis, enersi spesifik. Persamaan dasar aliran berubah beraturan, klasifikasi profil muka air, metode perhitungan aliran berubah beraturan.  Aliran berubah tiba-tiba: loncatan hidrolis, jenis, sifat-sifat dasar, panjang dan letak loncatan hidrolis. Analisis dimensi dan kesebangunan.

Matematika III

Penjelasan macam-macam persamaan diferensial (PD) , PD Biasa Tingkat I, PD Linier Tingkat II homogen, PD Linier Tingkat II tak homogen, Solusi PD dengan menggunakan deret, PD linier tingkat n, Deret Fourier,  PD parsial, Transformasi Laplace, Penyelesaian PD dengan menggunakan Transformasi Laplace. Penyelesaian PD dengan metoda Beda Hingga. Aplikasi penyelesaian PD pada permasalahan Teknik Sipil.

Drainase dan Pengendalian Banjir

Pengertian banjir, sebab-sebab terjadinya banjir, dasar-dasar sistem pengendalian banjir. Analisis hidrograf, penelusuran banjir, dan perencanaan bangunan pengendali banjir. Dasar-dasar hidrologi perkotaan, karakteristik perkembangan dan tata guna lahan kawasan perkotaan. Permasalahan drainase perkotaan, kendala dan tantangannya. Perencanaan sistem drainase perkotaan. Aspek sosial-ekonomi dan lingkungan.

Irigasi

Potensi dan pengembangan irigasi  di dunia dan di Indonesia, tata letak daerah irigasi dan nomenklaturnya, jaringan irigasi dan bagiannya, kebutuhan air bagi tanaman, debit andalan dan neraca air. Pola tanam, sistem golongan dan sistem rotasi. Dimensi saluran dan bangunan termasuk sistem drainasenya. Dimensi bangunan utama, bangunan pengambilan dan kantong lumpur. Operasi dan pemeliharaan saluran dan bangunan irigasi

Perancangan Geometri Jalan

Ruang lingkup perencanaan geometrik jalan; pengertian dan peranan jalan raya; sistem jaringan jalan, klasifikasi jalan menurut fungsi dan hirarki – status – kelas jalan; prinsip-prinsip dasar penentuan trase/ alinyemen jalan; parameter perancangan geometrik (kecepatan rencana, kendaraan rencana, volume lalu lintas, tingkat pelayanan/kapasitas jalan dan kinerja lalu lintas, jarak pandang); perancangan elemen penampang melintang jalan (Damaja, Dawasja, Damija, jalur dan lajur lalu lintas, bahu jalan, median, jalur lambat, trotoar); analisis perancangan alinyemen horisontal (lengkap); analisis perencanaan alinyemen vertikal (lengkap); sistem drainase jalan raya; perancangan geometri simpang; bangunan pelengkap dan fasilitas jalan

Struktur Beton Bertulang I

Perilaku beton yang berhubungan dengan kuat lentur, geser, normal dan geser; pengantar konsep lentur elastic (ASD);  pengantar konsep lentur plastis (LRFD); formulasi dan batasan analisis lentur, normal, normal dan lentur, geser lintang dan torsi, Interaksi normal dan geser; aplikasi disain beton bertulang pada  bangunan sipil.

Rekayasa Pondasi I

Pengertian mengenai sejarah dan definisi pondasi, ilmu pengetahuan yang terkait, tekanan tanah lateral aktif dan pasif. Perencanaan dinding penahan tanah, dari pasangan batu belah dan beton bertulang. Perencanaan turap beton dan baja, perencanaan pondasi dangkal. Penurunan tanah akibat beban pondasi dan perencanaan dinding penahan tanah dari bahan-bahan pabrik terbaru

Analisis Struktur II

Energi regangan: aksial, lentur dan impact. Teorema Castigliano, Betti dan Maxwell. Analisis struktur dan perhitungan defleksi konstruksi statis tak tentu rangka, balok, portal sederhana dan pelengkung statis tak tentu dengan menggunakan teorema Castigliano. Analisis struktur portal sederhana tak bergoyang dan bergoyang dengan metode Hardy Cross.

Mekanika Tanah II

Distribusi tegangan dalam tanah, konsolidasi dan penurunan tanah, kuat geser tanah, daya dukung tanah, stabilitas lereng, modulus elastisitas tanah dan sub grade reaction tanah.

Matematika IV

Sistem persamaan linear, matriks, determinan, integral, kalkulus diferensial vektor. Penyelesaian system persamaan dengan Iterasi. Persamaan transendental. Penyelesaian pendekatan, tingkat keakurasatan, jenis kesalahan. Penentuan nilai akar riil dengan metode False Position, Secant, Mid-Section, Newton Raphson, serta Iterasi.

Bahasa Pemrograman Komputer

Pengenalan sistem komputer mainframe, mini, micro dan personal komputer. Text editing. Spread sheet. Dasar-dasar teori tentang logika. Pembuatan bagan alir (flowchart). Pengantar bahasa pemrograman bahasa Fortran. Pembuatan program dalam bahasa Fortran-Powerstation.

Struktur Baja I

Propertis material dan profil, tata cara desain struktur baja. Konsep elastis dan plastis, angka keamanan serta perilaku elemen struktur (elemen tarik dan elemen tekan). Balok menahan lentur, geser, tekuk ke samping (Kip), torsi, beban kombinasi dan biaxial bending. Batang tarik dan batang tekan/ tekuk. Kolom dengan plat kaki. Sambungan dengan baut, paku keling dan las. Struktur rangka atap baja, stabilisasi sistem dan tata cara perancangan.

Bangunan Air

Tipe, tata letak, komponen-komponen dan klasifikasi  bangunan utama pengelak.Tipe, tata letak, komponen-komponen dan klasifikasi  bangunan utama penampung. Seepage pada bangunan air. Desain hidrolis weir dan  mercu pelimpah, bangunan ambil air, bangunan pemecah enersi, bangunan terjun dan bangunan silang.

Perancangan Perkerasan Jalan

Pengantar perkerasan jalan; sejarah perkembangan perkerasan jalan; elemen struktur perkerasan jalan; bahan perkerasan jalan & karakteristiknya; pengujian bahan perkerasan & perancangan campuran aspal beton; analisis perancangan tebal perkerasan lentur cara Bina Marga, AASHTO, & Roadwork Design Sysytem (RDS); analisis perancangan tebal perkerasan kaku cara Bina Marga; analisis perancangan tebal perkerasan pelapisan ulang (overlay) untuk perkerasan lentur dan kaku; konstruksi bertahap; prinsip dasar pemeliharaan dan evaluasi perkerasa jalan; teknik pelaksanaan pekerjaan jalan dan peralatannya.

Dampak dan Rekayasa Lingkungan

Ekologi, Lingkungan Hidup dan pembangunan, Hukum dan Peraturan, Hubungan Lingkungan Hidup dan Teknik Sipil. Konsep dasar pengelolaan Lingkungan Hidup. Teknik dan pendekatan pengelolaan Lingkungan Hidup. Baku Mutu dan Daya Dukung Lingkungan. Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL). Permasalahan Pencemaran Air dan Pengendaliannya. Permasalahan Pencemaran Udara dan pengendaliannya. Permasalahan Pencemaran Tanah dan pengendaliannya.

Manajemen Alat Berat

Pengantar alat-alat berat, macam dan fungsi alat berat, produksi dan kombinasi alat. Kebutuhan alat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan target kualitas yang ditentukan. Penggalian terowongan, dredging Analisis harga satuan alat dan kombinasi alat

Struktur Beton Bertulang II

Analisis sambungan balok kolom; analisi kolom biaxial; disain struktur beton bertulang tahan gempa; disain kapasitas berdasar kolom kuat balok lemah.

Rekayasa Pondasi II

Fungsi dan syarat pondasi, pengaruh pondasi pada tanah, daya dukung dan deformasi tanah akibat beban pondasi dangkal, kriteria desain, jenis-jenis pondasi dangkal dan penerapannya. Teori daya dukung pondasi dalam, negatif skin friction dan penurunan pondasi dalam, pondasi sumuran, pondasi tiang pancang, penurunan pondasi dalam, pondasi sumuran, pondasi tiang pancang, pondasi tiang bor. Uji beban tiang, daya dukung pondasi lateral, studi kasus

Analisis Struktur III

Analisis struktur dan perhitungan displacement portal bertingkat tak bergoyang dan bergoyang dengan metode Takabeya. Analisis struktur rangka batang dan analisis struktur portal bertingkat dengan metode matrix : metode displacement. Analisis portal bentuk tidak umum : rangka payon, portal dengan kolom miring.

Kuliah Kerja Lapangan

Pengertian tentang proyek bangunan sipil (meliputi sipil struktur, sipil hidro, sipil transportasi, sipil geoteknik), aspek teknis pelaksanaan konstruksi di lapangan. Gambaran tentang aspek manajemen pelaksanaan proyek, pengendalian waktu, mutu, dan sumber daya di lapangan serta pemaparan hasil pengamatan/kunjungan.

Teknik Pelaksanaan Konstruksi

Metode Pelaksanaan Bangunan Sipil meliputi bangunan gedung, konstruksi jalan raya, pekerjaan jembatan, bangunan air (bangunan sungai dan pantai) dan bangunan sipil lainnya. Cara-cara pelaksanaan pekerjaan meliputi : manajemen dan penyelenggaraan proyek, pekerjaan persiapan, pengadaan bahan baku konstruksi, pekerjaan tanah, pekerjaan pondasi, pekerjaan struktur utama (gedung, jalan raya, bangunan air, dan bangunan sipil lainnya), pekerjaan perancah, pekerjaan utilitas bangunan dan finishing. Tata cara pengecoran beton, erection pelaksanaan rangka baja. Perawatan bangunan sipil, manajemen peralatan, standart/peraturan yang digunakan untuk pelaksanaan pekerjaan dan pengendalian mutu pekerjaan.

Pengembangan Sumber Daya Air

Diskripsi pengembangan sumberdaya air , alokasi sumberdaya air dalam kaitannya dengan tata bangunan sipil untuk mengatur air permukaan dan air tanah. Peraturan per-undangundangan dan pengaturan pemanfaatan air.  Analisis ketersediaan air, dan pemanfaatannya. Teknik optimasi serta aspek ekonomi dan sosial. Konservasi tanah dan air

Bangunan Tenaga Air

Potensi dan pengembangan tenaga air di dunia dan di Indonesia, kelebihan  dan kekurangan tenaga air terhadap tenaga lainnya. Klasifikasi PLTA. Lokasi PLTA dan perkiraan kebutuhan enersinya. Reservoir (harian dan tahunan) untuk PLTA.Pipa pesat, pipa Sediatmo (golang), blok angker, bangunan ambil air dan saluran pembawa, turbin dan power house, PLTA pump storage, PLTA pasang surut dan PLTM ( Mikro Hidro). Ekonomi PLTA, operasi dan pemeliharaan PLTA

Perancangan Jalan Rel

Pengertian tentang cakupan, karakteristik sarana dan prasarana jalan rel. Elemen geometri, struktur utama, sambungan, dan bangunan pelengkap jalan rel. Prinsip dasar analisis perancangan elemen geometri dan struk tur jalan rel. Pengetahuan tentang pemeliharaan jalan rel, emplasemen kereta rel, dan pengaturan perjalanan dan lalu lintas jalan rel.

Lapangan Terbang

Pengertian ruang lingkup perancangan lapangan terbang. Karakteristik pe sawat terbang, lalu lintas udara, dan prasarana lapangan terbang, sistem operasi pesawat terbang dan pengaturan lalu lintas udara. Dasar-dasar perencanaan dan perancangan lapangan terbang aspek geometri, fasilitas, utilitas, dan struktur prasarana lapangan terbang, termasuk sistem drainasenya.

Manajemen Konstruksi

Pengantar manajemen konstruksi, konsep manajemen proyek, perenca naan proyek, meliputi perencanaan organisasi, biaya dan jadwal dan sumber daya proyek, pelaksanaan serta pengendalian proyek.
Membekali kemampuan untuk mengenal prinsip-prinsip dasar manajemen serta kajian untuk mengelola proyek yang meliputi : manajemen konstruksi, organisasi proyek, perencanaan jadwal, biaya dan sumber daya proyek dalam rangka mendapatkan produk konstruksi yang tepat waktu, sesuai spesifikasi, mutu, dan memperhatikan aspek K3 dan lingkungan.

Ekonomi Rekayasa

Pengertian dasar, bunga, nilai sekarang (present value), pembayaran hutang, (grant component of loans), laju pengembalian (rate of returns), pengertian biaya, peran resiko dalam analisis ekonomi, Perbandingan manfaat dan biaya (Benefit Cost Ratio), net present value, Internal rate of return (IRR), pemilihan alternatif, bunga dan inflasi

Pelabuhan

Fungsi dan tugas pelabuhan, macam pelabuhan. Fenomena-fenomena alam (angin, gelombang, pasag surut, sedimentasi). Jenis Survey yang dilakukan untuk perencanaan pelabuhan (bathymetri, pasut, gelombang). Prinsip-prinsip dasar perencanaan elemen pelabuhan : pemecah gelombang, dermaga, alat penambat, fender, kolam pelabuhan, alur pelayaran. Sarana dan prasarana fasilitas penunjang; dok gali, dok luncur, dok apung, alat angkat dan angkut pelabuhan. Fasilitas (sarana & prasarana) pelabuhan di darat: Pelabuhan peti kemas, pelabuhan borang (bulk cargo dan general cargo), pelabuhan penyeberangan, pelabuhan penumpang, pelabuhan ikan. Operasi dan pemeliharaan.

Struktur Baja II

Tekuk pada pelat yang ada mendapat beban lentur, geser, normal dan kombinasi. Gelagar plat (Plate Girder) dengan perkuatan badan (Stiffener). Desain batang yang mengalami kombinasi tekan dan lentur (Beam-Column). Balok komposit baja beton dengan shear connector. Perancangan jembatan baja (jalan raya & jalan rel). Bangunan tinggi dari baja, pembebanan, sistem dan perilaku struktur. Desain metode Plastis dan LFRD pada struktur baja.

Aspek Hukum Pembangunan

Pengantar hukum dalam pembangunan/bangunan, perusahaan jasa konstruksi, hubungan kerja, kontrak/perjanjian kerja pemborong, pemborongan pekerjaan, lelang, perlindungan kerja di perusahaan jasa konstruksi, perlindungan upah, kesejahteraan serta jaminan sosial tenaga kerja.

Struktur Beton Prategang dan Pracetak

Pengertian beton prategang, Konsep dasar beton prategang dan perbedaan beton prategang dengan beton bertulang konvensional, Material dasar beton dan tendon serta system prestressing. Kelebihan dan kekaurangan.  Kehilangan tegangan, analisa penampang kritis. Perilaku lentur dan geser, analisa lendutan, tekuk lateral. Perencanaan end block dan elastomeric bearing pads.

Mekanika Getaran dan Gempa

Konsep dasar analisis dinamik, macam-macam beban dinamik pada struktur. Persamaan gerak untuk model struktur berderajat kebebasan tunggal / banyak (SDOF/ MDOF). Analisis sistem SDOF terhadap beban harmonik. Periode dan frekuensi getar struktur. Pengaruh getaran pada struktur, keseimbangan statik dan dinamik struktur, persamaan gerak struktur. Periode dan prequensi struktur. Respons struktur terhadap pembebanan harmonik. Proses terjadinya gempa, intensitas magnitude dan frekuensi terjadinya gempa. Resiko terjadinya gempa dan mitigasi bencana akibat gempa. Wilayah / zona gempa dan diagram spektrum respons. Perilaku material dan sistem struktur terhadap pengaruh beban dinamik / gempa. Analisis beban statik equivalen. Dasar-dasar perencanaan Struktur bangunan tahan gempa, model keruntuhan struktur dan perencanaan kapasitas (Capacity Design). Perhitungan beban gempa pada struktur dengan analisis beban statik equivalen. Pengaruh redaman pada getaran. Respons linier dan nonlinier struktur terhadap pengaruh gempa. Diagram respons spektra. Analisis sistem MDOF terhadap beban dinamik. Analisis Ragam spektrum respons.

Pengembangan Wilayah Pantai

Pengantar perencanaan dan pengembangan wilayah, ruang lingkup dan pendekatan perencanaan wilayah, ruang lingkup dan pendekatan perencanan wilayah, pilihan strategis, aspek fisik wilayah, tata guna dan pengembangan lahan, prasarana dan sarana dasar wilayah, serta koordinasi dalam perencanaan dan pengembangan wilayah. Selain itu meliputi : pengertian pantai dan muara, deformasi gelombang, angkut sedimen pantai, perencanaan bangunan perlindungan pantai dan reklamasi pantai.

Perancangan Jembatan

Pengertian tentang macam/ jenis, klasifikasi, komponen dan elemen struktur jembatan, geometri jembatan dan perkembangan teknologi jembatan. Prinsip perancangan jembatan, karateristik  dan  standar pembebanan, aspek geometrik jembatan, struktur bangunan atas,  struktur bangunan bawah, pondasi dan perlengkapan jembatan. Pertimbangan aspek pelaksanaan dalam perancangan jembatan

Stabilitas Tanah

Penyelidikan tanah lanjutan, interpretasi data lapangan terhadap jenis dan parameter tanah, sifat-sifat tanah expansive serta treatmentnya, perbaikan Tanah, job mix stabilitas tanah dan penerapan di lapangan, dasar-dasar perhitungan perkuatan tanah, dan perencanaan perkuatan tanah. Teori, contoh dan metoda perbaikan tanah. Preloading dan perbaikan tanah dengan vertikal drain, perbaikan tanah lunak dengan bahan-bahan pabrik yang sedang berkembang / mutakhir.

Teknik Sungai

Karakteristik hidrolika sungai, debit aliran sungai, angkutan sedimen di sungai dan proses perubahan alur sungai serta potensi sumber daya air dan pemanfaatan sungai. Sistem pengaturan debit dan muka air sungai, pengaturan dan perbaikan alur sungai, survai dan pemetaan sungai, pengenalan bangunan persungaian, manajemen wilayah sungai, teknik pelaksanaan, monitoring, operasi dan pemeliharaan sungai.

Teknik Rawa dan Pantai

Teknik Rawa dan Pantai membahas beberapa hal antara lain : definisi dan batasan rawa, klasifikasi rawa, pemanfaatan rawa, definisi dan batasan pantai, permasalahan pantai, potensi sumber daya pantai, pengembangan kawasan pantai, penataan ruang kawasan pantai, dan perlindungan pantai.

Manajemen Mutu

Manajemen mutu diperlukan sebagai salah satu sistem untuk kesuksesan suatu proyek. Dalam evolusinya manajemen mutu melalui berbagai tahapan, yaitu : inspeksi, quality control, quality insurance dan total quality management. Aplikasi dan penerapan secara umum dari manajemen mutu dielaborasi melalui tahapan-tahapan pada fase proyek konstruksi.

Kewirausahaan Konstruksi

Industri konstruksi berkontribusi lebih kurang 5% – 6% terhadap Gross Domestic Product (GDP). Hal ini membuktikan peran yang tidak sedikit dari industri ini. Secara lebih detil stakeholders dari industri konstruksi meliputi : kontraktor, konsultan, material supplier, equipment supplier, pemerintah, bank serta masyarakat. Peran dan kepentingan stakeholders  di atas dielaborasi dalam perspektif kewirausahaan konstruksi

Low Impact Development

Pengenalan sistim “Low Impact Development”  (LID) pada suatu pengembangan wilayah, Segi positip dan negatip dari sistim LID, konsep dasar LID, pemanfaatan LID seperti kegunaan dan perencanaan “Bioretensi”, kegunaan dan perencanaan saluran rumput, kegunaan dan perencanaan taman penutup atap gedung, kegunaan dan perencanaan sumur resapan, evaluasi efektifitas LID, beberapa studi kasus.

Perencanaan Transportasi

Pengertian tentang perencanaan, tentang system transportasi, permasalahan transportasi dan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan (aspek social, ekonomi, lingkungan dan tata ruang), mobilitas penduduk terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana transportasi, kebutuhan data transportasi dan metode perolehannya. Dasar-dasar dalam pemodelan permintaan transportasi serta karakteristik moda angkutan dan prasarananya, teknologi transportasi, transportasi dan lingkungan, konsep-konsep ekonomi transportasi.

Rekayasa Pondasi III

Rekayasa Pondasi III ini membahas tentang rekayasa pondasi getaran/mesin, rekayasa pondasi blok, rekayasa pondasi mesin, rekayasa pondasi shell, serta pengetahuan dan teori pondasi modern.

Analisis Struktur IV

Metode Direct Element : elemen rangka batang dua dimensi dan 3 dimensi, torsi, elemen lentur dan torsi sistem Grid dan Frame 3 dimensi. Elemen Hingga : energi potensial dan metode Rayleigh-Ritz. Penerapan transformasi koordinat pada system gaya, system perpindahan. Penyusunan matrix beban ekuivalen : gaya tubuh, temperatur, tegangan residu. Penyusunan matrix kekakuan elemen gabungan untuk frame 2 dimensi dan 3 dimensi : normal, lentur dan torsi. Bahasan singkat contoh-contoh program analisis struktur rangka dan frame bidang dan 3 dimensi.

Kerja Praktek (KP)

Tujuan:
Setelah melaksanakan Kerja Praktek diharapkan mahasiswa dapat :
o    Mempunyai pengalaman visual bentuk kegiatan fisik pembangunan dibidang rekayasa sipil.
o    Mengetahui tahapan kegiatan fisik pembangunan.
o    Mengetahui manajemen pelaksanaan di lapangan.
o    Memahami praktek di lapangan sebagai hasil penerapan teori.
o    Membuat Laporan Kerja Praktek.

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Tujuan :
Setelah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata diharapkan mahasiswa dapat :
o    Menghayati dan mengamalkan ilmu dalam masyarakat sesuai dengan norma pembangunan daerah yang ada.
o    Dapat melihat secara nyata tentang pembangunan di lapangan dan dapat memberikan gambaran tentang lingkup, tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh ahli teknik sipil jika terjun dalam masyarakat nantinya.

Tugas Akhir (TA)

Tujuan :
Setelah menyelesaikan Tugas Akhir diharapkan mahasiswa dapat :
o    Memperluas wawasan, memahami, mendalami dan mengembangkan perancangan rekayasa sipil berdasarkan mata kuliah yang telah didapat.
o    Berpikir secara menyeluruh (comprehensive) dalam pengetahuan rekayasa sipil.

Ujian Pendadaran

Display Tugas Akhir :
Mahasiswa yang akan melakukan ujian pendadaran disarankan untuk mendisplay Tugas Akhirnya di tempat yang telah ditentukan dalam lingkungan Jurusan Teknik Sipil.

Sumber dari : http://www.sipil.undip.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=64&Itemid=77

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s