Cabri Geometry II Plus!!!!


Cabri Geometry II Plus adalah suatu software yang sangat membantu kita yang ingin mempelajari konstruksi geometri. Dengan Cabri kita bisa membuat konstruksi berbagai bangun-bangun geometri (dimensi 2) beserta hubungan di antara mereka. Di Cabri tersedia berbagai menu menggambar…mulai dari menggambar garis (dan ruas garis) sampai menggambar konflik antara lingkaran dan garis (yang akan menghasilkan dua buah parabola).

Walaupun terlihat sederhana karena banyaknya menu yang disediakan, tetapi untuk mengkonstruk gambar ternyata tidak sederhana karena kita masih harus berpikir berbagai macam konsep geometri.

Contoh sederhana:

interior.jpg

Misalkan kita ingin menggambar incircle dari segitiga (suatu lingkaran yang menyinggung semua sisi segitiga) maka kita tidak bisa asal membuat gambar lingkaran di dalam segitiga. Karena jika kita asal menggambar maka jika kita mengubah bentuk segitiga (dengan cara men-drag gambar segitiga) maka gambar lingkaran tersebut tidak akan selalu berada di dalam lingkaran. Seandainya konstruksi yang kita buat benar maka walaupun kita mengubah bentuk dan ukuran segitiga maka lingkaran tsb akan selalu berada dalam segitiga.

Cara menggambar incircle:

1. Buat gambar segitiga dengan memanfaatkan menu yang ada.
2. Kita harus ingat bahwa titik pusat incircle terletak pada perpotongan semua interior angle bisector/garis bagi segitiga (garis yang membagi sudut segitiga menjadi dua sama besar). Oleh karena itu langkah selanjutnya adalah menggambar semua interior angle bisector segitiga…lagi-lagi kita bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.
3. Kita memang sudah memiliki titik pusat lingkaran tetapi kita tdk bisa langsung membuat lingkaran dengan pusat tsb dan menyinggung sisi segitiga. Kita harus ingat bahwa semua titik singgung lingkaran merupakan perpotongan garis singgung dengan garis yang tegak lurus dengan garis singgung dan melalui pusat lingkaran, oleh karena itu kita membuat semua garis melalui pusat lingkaran dan tegak lurus dengan semua sisi segitiga.
4. Nah selanjutnya tinggal menggambar lingkaran yang berpusat di titik potong garis bagi sudut dan “sisi”-nya menyentuh titik potong hasil langkah nomor (3) tsb.
5. Silakan mengubah ukuran maupun bentuk segitiga maka dijamin lingkaran tsb akan selalu berada di dalam segitiga.

Sumber dari : http://deking.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s