Gerhana Planet Venus


Gerhana Venus pada minggu 16 Mei 2010 hanya pada beberapa tempat atau lokasi tertentu saja, peristiwa gerhana planet venus hanya bisa disaksikan dari wilayah-wilayah Indonesia bagian barat dan tengah. Kata Hakim L. Malasan selaku Directur Observatorium Bosscha di Lembang, Jawa Barat.
Peristiwa gerhana venus tercatat dari website http://www.lunar-occultations.com hanya ada 70 kota di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena alam langka gerhana planet Venus dari 195 tempat di dunia.

Beruntung bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa karena gerhana planet Venus tersebut bisa dilihat dari semua wilayah bahkan sampai ke pesisir utara dan selatan. Sementara itu, di Pulau Kalimantan, beberapa kota yang dapat menyaksikan peristiwa langka ini antara lain adalah kota Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Palangkaraya, dan Ketapang.

Sementara di Sulawesi, kota-kota yang dapat menikmati ketakjuban “gerhana Venus” adalah kota Poso, Gorontalo, Palu, Manado, Kendari, serta Ujung Pandang. Untuk wilayah lain di bagian Indonesia seperti Bima, Mataram, Natuna, Denpasar, dan Ternate juga bisa melihatnya.

Perlu diketahui bahwa gerhana Venus terjadi pada saat posisi bulan, planet bumi, serta planet Venus sejajar. Dari bumi, planet Venus akan menghilang sesaat karena tertutup oleh Bulan. Pergerakan planet fajar ini seolah-olah membelakangi bulan. Para Astromom menyebutnya dengan istilah Okulasi.

Melihat kejadian ini dari bumi pada hari minggu 16 mei 2010 waktu petang, bulan akan terlihat sabit karena baru menginjak hari ke-2 atau biasa disebut bulan baru. Jika Anda berada di Bandung dan sekitarnya, waktu paling tepat untuk melihat gerhana Venus dimulai pukul 18.50.

“Fenomena gerhana Venus” akan mulai lenyap hingga pukul 19.30 WIB setelah itu, planet Venus akan muncul kembali dan posisinya akan terlihat disebelah kiri bawah dari bulan.

Sumber : http://radenbeletz.com/gerhana-venus.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s