Lapan Belum Pastikan Meteor Jatuh di Aceh


JAKARTA – Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) belum dapat memastikan bahwa benda yang diduga menyebabkan tiga rumah terbakar di Aceh, merupakan meteor.

Meski demikian Lapan membenarkan, bahwa saat ini sedang terjadi hujan meteor Lyrids. Karena itu, untuk memastikan apakah benda tersebut adalah meteor atau bukan, perlu diambil sampel dari lokasi kebakaran.

“Kalau itu memang hujan meteror, untuk memastikan kebakaran di Aceh, kita harus cari meteornya,” ujar Clara Yono Yatini dari bagian Aplikasi Geomagnet dan Antariksa Lapan saat dihubungi okezone, Jumat (16/4/2010).

Clara menambahkan jatuhnya meteor memang belum bisa diprediksi. Ini dikarenakan sulit untuk mencari lintasan meteor tersebut.

“Meteor itu bisa jatuh di mana saja di belahan bumi ini,” imbuhnya. Menurutnya metorr jatuh di Indonesia, bukan hal baru. Sudah beberapa kali Indonesia menjadi wilayah kejatuhan satelit.

Yang sempat menyita perhatian, jelas Clara, adalah meteor jatuh disertai ledakan keras jatuh di Bone, Sulawesi Selatan, tahun lalu. Insiden itu menewaskan satu orang, meski bukan diakibatkan langsung dari kejatuhan benda asing itu.

Ditanya mengenai dampak meteor yang jatuh ke bumi, Clara menjelaskan, bahwa lapisan atmosfer sangat berperan penting menjadi tameng masuknya benda luar angkasa ke bumi. Karena itu, meteor yang sampai ke bumi hanya dalam bentuk pecahan kecil akibat gesekan. “Meski kecil, meteor itu memiliki kekuatan kinetik yang tinggi karena kecepatannya. Itu yang menyebabkan meteor terlihat seperti bola api yang menyala-nyala,” terangnya.

Tiga bangunan terdiri dari dua toko dan satu rumah warga Desa Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, hangus terbakar, Kamis malam.

Menurut warga sekitar, sumber api berasal dari benda aneh seperti bola api yang jatuh dari langit dan mengenai bangunan toko semipermanen tersebut. Menurut warga bola api tersebut tampak berwarna merah kekuningan.
(ton)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s