Wow…Meteor Jatuh Terlihat Jelas di Amerika


TRIBUN-TIMUR.COM – Otoritas Amerika Serikat memastikannya sebagai sebuah meteor telah melintasi kegelapan malam langit Wisconsin, Rabu (14/4/2010) malam lalu. Pada saat peristiwa ini terjadi, sejumlah orang di lima negara bagian AS banyak yang menyaksikannya.

Bahkan, sebagian besar saksi mata banyak yang mengaku mendengar suara bergemuruh saat benda angkasa itu melintasi kota.

Penyidik Wilayah Lafayette, Scott Pedley, mengatakan kantornya menerima banyak laporan sebuah cahaya sangat terang di langit diikuti rumah-rumah dan tanah yang bergoyang.

“Ada laporan empat hingga lima menit ledakan atau gemuruh,” ujarnya. Dia tidak dapat mengatakan asal suara itu namun berspekulasi itu kemungkinan suara ledakan meteor.

Sebuah kamera di mobil penyidik Wilayah Howard di Iowa menangkap pemandangan sepintas bola api. Dalam video itu, objek tersebut bergerak menuju tanah, kemudian mengembang dan bercahaya dalam sebuah ledakan sebelum menghilang di belakang pepohonan.

James Lattis, direktur University of Wisconsin Space Place di Madison mengatakan, sejarah menyebutkan objek itu kemungkinan hanya seukuran bola softball atau bola basket.

“Benda ini kecil,” kata Lattis. Dia mengatakan hujan meteor dapat menghasilkan rentetan yang dapat dilihat dari jauh bahkan jika objek yang terbakar itu seukuran butiran pasir.

Lattis mengatakan karena meteor hari Rabu itu meledak, kemungkinan dia tidak akan dapat disatukan. Kecuali jika pecahannya jatuh di atap, mobil, halaman atau tempat menyolok lainnya, mereka tak terbedakan dari batu lainnya di tanah.

“Dalam kasus itu, hanya keberuntungan jika seseorang dapat mengenalinya,” ujarnya.

Lattis mengatakan ada keungkinan sinar itu bukan sebuah meteor, tapi sebuah objek seperti pecahan satelit. Sesuatu yang harus ditanyakan ke NASA.

Beberapa orang awalnya berspekulasi bahwa objek itu adalah bagian dari hujan meteor selama dua minggu yang sedang berlangsung. Namun Lattis mengatakan itu kemungkinan bukan bagian dari hujan Gamma Virginids karena dia datang dari arah berlawanan.

Hujan Gamma Virginids mulai 4 April dan diperkirakan berlangsung hingga 21 April. Hari Kamis diperkirakan menjadi puncak aktivitas kedua. (*)

Sumber : http://www.tribun-timur.com/read/artikel/96307/Wow…Meteor-Jatuh-Terlihat-Jelas-di-Amerika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s