Ledakan Aneh di Duren Sawit


Menristek: Benda di Duren Sawit Tak Timbulkan Radiasi

Ledakan Meteor di Duren Sawit (Foto: Heru Haryono/okezone)

JAKARTA – Benda asing yang jatuh dan menimbulkan ledakan di pemukiman di Duren Sawit, Jakarta Timur belum bisa dipastikan meteor. Namun, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)  Suharna Surapranata meyakinkan bila ledakan benda misterius tersebut tidak berbahaya.

“Saya baru dapat kabar dai Bapeten. Benda itu tidak berbahaya, tidak ada radiasi lingkungan,” kata Suharna kepada wartawan di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, (30/4/2010).

Soal kepastian benda asing itu, Suharna mengaku masih menunggu perkembangan dari penelitian LAPAN. “Ledakan itu dari apa belum diketahui, apa dari meteor atau satelit jatuh saya belum tahu,” tambahnya.

Dia menambahkan, bila penyelidikan rampung, pihaknya termasuk lembaga yang berkaitan seperti Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) akan memberi laporan kepada presiden/wakil presiden. “Nanti ada laporannya,” katanya.(ahm)

Lapan: Diduga Serpihan Asteroid Pecah di Angkasa

Ledakan Misterius Rusak Rumah (Heru/okezone))
JAKARTA – Peneliti dari Lapan belum bisa memastikan benda yang menyebabkan tiga rumah di Jalan Delima VI Gang 2 Nomor 31 RT 01 RW 5 Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur, material meteorit.

Namun dipastikan merupakan benda alam asal langit dan bukan sampah antariksa buatan manusia. Menurut peneliti astronomi Lapan Abdul Rahman yang turun ke lapangan, setelah melihat lokasi ditemukan ada efek tekanan karena banyak kaca yang pecah.

“Efek panas memang kelihatan, karena ada benda yang terbakar dan juga ada yang meleleh,” papar dia di lokasi, Jumat (30/4/2010).

Namun, kata Andul Rahman, dari temuan itu belum bisa menyimpulkan jenis benda tersebut. “Kita menduga itu bukan benda buatan seperti satelit atau roket, mungkin benda alami,” ungkap Abdul Rahman.

Dia mengaku kesulitan untuk menyimpulkan peristiwa misterius itu, karena tidak menemukan bendanya. “Benda alami bisa meteorit. Kalau yang besar asteroid. Kalau yang besar sekali efeknya bisa lebih parah, mungkin itu hanya pecahan,” jelas dia.

Abdul Rahman menjelaskan benda asing yang menghantam tiga rumah tersebut sebelumnya tidak terdeteksi oleh radar maupun teleskop. “Tidak mendapat deteksinya dari radar atau teleskop, kami tidak memantaunya.”

Dia menambahkan, dari beberapa keterangan menyebutkan ada desingan dan kilatan, tapi sayangnya tak banyak yang melihat kilatan tersebut.  “Bisa jadi asteroid yang pecah di angkasa,” ujarnya yang mengaku tidak menemukan barang bukti benda alami di TKP.(ram)

sumber http://news.okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s