INFORMASI UNIVERSITAS ISLAM OKI (UNISKI) KAYUAGUNG


Universitas Islam OKI atau yang lebih dikenal dengan sebutan UNISKI, merupakan salah satu aset kebanggaan masyarakat Kabupaten OKI di bidang Pendidikan karna Universitas Islam OKI (UNISKI) kayuagung adalah Perguruan tinggi satu-satunya di Kabupaten OKI yang sudah ber label UNIVERSITAS. Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung berlokasi di Jln. Letnan Muchtar Saleh No.1 (Eks. Kantor Bupati OKI) Kel. Celikah Kayuagung OKI.

Adapun cerita asal mulanya bagaimana UNISKI ini bisa beridiri di Kabupaten ini, begini ceritanya:
Pada tanggal 28 s.d. 30 Maret 2006, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir melakukan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir, salah satu keputusannya adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir mendirikan perguruan tinggi. Keputusan ini mendapat sambutan Bupati Ogan Komering Ilir yang selama ini memang sedang mencari mitra untuk mendirikan perguruan tinggi di Kayuagung Ogan Komering Ilir. Sejak itu Bupati Ogan Komering Ilir selalu melakukan komunikasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir. Puncaknya pada tanggal 20 Ramadhan 1427H atau bertepatan dengan tanggal 13 Oktober 2006, Bupati Ogan Komering Ilir memanggil Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir dan mengharapkan segera membentuk Panitia Pendirian Perguruan Tinggi, dan segera melakukan pertemuan awal.

Menyikapi ajakan Bupati Ogan Komering Ilir tersebut, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir mengadakan rapat, dan diputuskan untuk menerimanya. Kemudian Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir melakukan konsultasi dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan di Palembang.

Selanjutnya dibentuk Panitia Pendirian Perguruan Tinggi Ogan Komering Ilir dengan personalia sebagai berikut:
Penasihat :
* Ir. H. Ishak Mekki, MM. (Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir)
* Prof. Ir. H. Mahmud Hasyim, MME.
* Prof. DR. Ir. H. Zainal Ridho Djakfar, M.Sc.
* H. Hambali Hasan, S.H.
* Prof. DR. Ir. H. Ali Yasmin Adam Wiralaga, M.Sc.
* Prof. Chuzaimah Dahlan Diem, M.L.S. Ed.D.
* Prof. DR. H. M. Jahir Basir, M.Pd.

Panitia Pelaksana:
* Ketua : H. Harun Marzuk, S.H. MM.
* Wakil Ketua : Drs. H. Fakhry Zamzam, MM.
* Sekretaris : Abdul Hamid Usman, S.H. M.Hum.
* Wakil Sekretaris : Qomaruz Zaman, S.Pd.
* Bendahara : Laharsen Murtadho.
* Anggota : Dr. H. Rusli Muchtar, Sp.OG., Fisli Hartono, S.H. S.Ag., H. Abdul Gofar Saleh, S.Pd. Ir. Yuni Saryani, M.Si.


Panitia pendirian kemudian melakukan konsultasi dengan instansi terkait. Berdasarkan hasil konsultasi tersebut, selanjutnya Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ogan Komering Ilir bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung, dengan kesepakatan semua pengurusnya adalah kader Muhammadiyah Ogan Komering Ilir, sedangkan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyediakan sarana dan prasarana serta biaya penyelenggaraannya.
Pada tanggal 5 Februari 2007 didirikanlah Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung dengan Akta Notaris Nomor 005, Notaris Emmy Natalia, S.H., dengan struktur personalia sebagai berikut:

Pembina :
* Ir. H. Ishak Mekki, MM. (Bupati Kabupaten OKI)
* Drs. K. H. Busjroddin Nour (Ketua PDM Muhammadiyah OKI)
* Drs. H. Ali Hanafiah
* Dr. H. Rusli Muchtar, Sp.OG
* H. Abdul Gofar Saleh, S.Pd.

Pengurus :
* Ketua Umum : Abdul Hamid Usman, S.H.M.Hum.
* Ketua : H.Muhammad Ali, S.Ag.
* Sekretaris Umum : Muhammad Ali, S.Ag.
* Bendahara : Drs. Legianto Ahmad.

Pengawas :
* Fisli Hartono, S.H. S.Ag.
* Drs. H. Fakhry Zamzam, MM.
* Drs. Muzakkir Muid

Selanjutnya Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung membentuk tim perintis berdirinya perguruan tinggi yang terdiri dari 4 orang, yaitu :
* H. Harun Marzuk, S.H. MM. Sebagai Ketua
* Abdul Hamid Usman, S.H. M.Hum. sebagai Sekretaris
* Laharsen Murtadho sebagai Bendahara
* Ir. Holidi Nawawi, S.Pd. M.Pd sebagai Penghubung


3 orang tersebut adalah asli Putra Daerah Ogan Komering Ilir, sedangkan Ir. Holidi Nawawi, S.Pd. M.Pd adalah Putra Sumatera Selatan yang berdomisili di Yogyakarta.
Kemudian Tim Perintis tersebut melakukan konsultasi dengan Kopertis Wilayah II Palembang dan Ditjen Dikti di Jakarta yang hasilnya pendirian perguruan tinggi saat ini harus melalui proses alih kelola perguruan tinggi yang sudah ada. Menindaklanjuti hal tersebut Tim Perintis melakukan survei ke beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa dan akhirnya Tim Perintis mewakili Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung sepakat untuk bekerjasama dengan Yayasan Universitas Jenggala Sidoarjo Jawa Timur mengadakan perjanjian alih kelola, perubahan nama, dan pindah lokasi dari Universitas Jenggala Sidoarjo Jawa Timur menjadi Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung.

Melalui Yayasan Pendidikan Islam Bende Seguguk Kayuagung ini, maka berdirilah Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung yang izin penyelenggaraannya berdasarkan SK Mendiknas Republik Indonesia Nomor 148/D/O/2007 Tanggal 7 Agustus 2007. Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung memiliki 4 fakultas dengan 7 program studi, yaitu :
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
a. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
b. Program Stdui Pendidikan Bahasa Indonesia.
c. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

2. Fakultas Hukum
Program Studi Ilmu Hukum.

3. Fakultas Perikanan
Program Studi Pengolahan Sumber Daya Perikanan.

4. Fakultas Teknik
a. Program Studi Teknik Mesin.
b. Program Studi Teknik Sipil.


Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung dipimpin oleh :
* Rektor : H. Harun Marzuk, S.H. MM.MH.
* Wakil Rektor : DR. Saleh Hidayat, M.Si.
* Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Dra. Ellyda Husin
* Dekan Fakultas Hukum : Hambali Yusuf, S.H. M.Hum.
* Dekan Fakultas Perikanan : H. Amir Hamzah, S.U.
* Dekan Fakultas Teknik : Ir. H. Jonizar. MT.
* Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat : DR. Zazili Hanafiah, M.Sc.
* Ketua Pusat Pembinaan, Pembimbingan, Pengkajian Dan Pengembangan Al-Islam (P5I) : Purmansyah Ariadi, S.Ag.


Adapun visi Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung yaitu :
Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung akan dijadikan sebagai Universitas Islam yang terkemuka di Indonesia, unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang integral dalam keislaman. Berdasarkan visi tersebut Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung akan mendidik mahasiswa melalui mata kuliah Al-Islam yang disebarkan mulai dari semester I sampai dengan semester VI.


Dan misi Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung yaitu :
Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung diharapkan dapat menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan akademik yang kompetitif, berakhlak mulia, mampu beramal ilmiah untuk kemaslahatan umat manusia dan segenap alam. Serta melakukan penelitian untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sejajar dengan perkembangan peradaban umat manusia.


Tenaga administratif di lingkungan Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung saat ini ada 5 orang. Mereka bekerja secara multifungsi untuk tujuan efisiensi, juga berdasarkan volume kerja yang masih sedikit serta dana yang masih terbatas. Dosen yang direkrut oleh Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung berasal dari berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan program studi yang ada di fakultas-fakultas di lingkungan Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung. Jumlahnya saat ini 110 orang dengan kualifikasi S­1, S2, S3 dan guru besar. Sebagian besar para dosen ini berdomisili di luar kota Kayuagung, hanya sebagian kecil yang berasal dari lingkungan Kota Kayuagung. Adapun fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung 7 ruang kuliah, 1 auditorium, 1 ruang perpustakaan, ruang laboratorium dan mushola.

Untuk merealisasikan visinya, Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung membentuk Pusat Pembinaan, Pembimbingan, Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam (P5I), untuk memberikan pelayanan yang optimal dan profesional bagi pembinaan ke-Islaman mahasiswa. Tujuannnya agar mahasiswa mengenal dan paham terhadap Al-Islam secara komprehensif dan dapat mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari. Perkuliahan Al-Islam dilakukan di masjid-masjid di lingkungan Kota Kayuagung setiap hari Sabtu dengan sistem mentoring.

Salah satu implementasi dari misi Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung antara lain menempatkan program studi pengolahan sumber daya perikanan sebagai program studi unggulan, karena sesuai dengan kondisi dan topografi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Demikian juga di bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah melalui peningkatan kualitas, memenuhi kebutuhan terhadap guru, dan akan berpartisipasi dalam kegiatan sertifikasi para guru di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Fakultas Hukum diharapkan dapat memberikan partisipasinya dalam rangka peningkatan kualitas aparaturnya, sedangkan Fakultas Teknik kiranya dapat menghasilkan para teknokrat yang handal.


Salah Satu Gambar Gedung
Perkuliahan di UNISKI


———————————————————————————————–


Dokumentasi Kegiatan
Universitas Islam OKI (UNISKI) KayuAgung


Foto bersama dalam acara aunching dan Kuliah Umum Perdana Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung
Tanggal 1 Desember 2007



Penandatangan perjanjian Antara UNISKI dan Bank Muamalat

—————————————————————————————————-


Acara Diskusi Pakar “Optimaslisasi Pemanfaatan Lahan Gambut Menuju OKI Mandiri dan Sejatera”


Dengan Pembicara : Ir. H. Ishak Mekki, MM (Bupati kabupaten OKI) dan
DR. Ir. Wiwik Rahayu, DEA (Pakar Geoteknik tanah dan Dosen Universitas Indonesia)

——————————————————————————————-


Acara Idul Adha di Kampus UNISKI 2009


———————————————————————————————————————

Gambar Kegiatan Praktikum


Laboratorium Kimia


Kegiatan di Laboratorium Bahasa

—————————————————————————————————–


Kegiatan Mentoring Al-Islam.

Mata Kuliah Al-Islam Adalah MataKuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh Mahasiswa tiap
Semesternya. Tujuannnya membina ke-Islaman mahasiswa agar mahasiswa mengenal dan paham
terhadap Islam secara komprehensif dan dapat mengamalkan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

————————————————————————————————————————————-

Penyerahan Beasiswa dari Kopertis Wilayah II kepada Mahasiswa/i Secara Simbolis
Oleh Wakil Rektor Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung Bpk. DR. Saleh Hidayat, M.Si.

Sesuai dengan visi dan misi nya Universitas Islam OKI (UNISKI) Kayuagung berkomitmen untuk memajukan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten OKI baik dalam IPTEK maupun IPTAK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s